Dandelion



Dandelion adalah bagian dari Taraxacum, sebuah genus besar dalam keluarga Asteraceae. Nama Randa Tapak sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki "bunga" yang memiliki "bunga-bunga" kecil yang terbang ditiup angin. Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia, namun sudah menyebar ke segala tempat. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya.


 
 

Bunga dandelion biasanya mekar pada musim semi (spring). Penyebaran bunga ini biasanya dibantu oleh angin ataupun tiupan atau nafas dari manusia sehingga biji bunga dandelion yang halus langsung meninggalkan induknya untuk terbang lepas mengikuti langkah angin membawanya . Dan kemudian tumbuh kembali menjadi bunga dandelion yang baru, sungguh indah…..
The blew Dandelion
Dandelion, atau yana di Indonesia sering disebut bunga Rumput, masuk ke dalam famili Asteraceae. Ternyata masih mempunyai hubungan famili dengan bunga Aster, Daisy, dan bunga Matahari.
http://childrengarden.files.wordpress.com/2009/12/dandelioncomparison.png
Bunga ini berwarna kuning, karena biasanya kita menganggap kalau yang putih itulah bunga Dandelion. Akan tetapi, ternyata itu adalah benih bunganya, atau yang biasa disebut “Parachute Ball”.
Tanaman Dandelion tidak bercabang. Jadi, dalam satu batang hanya ada satu bunga. Kesalahan yang sering terjadi adalah, ketika kita menemukan bunga yang mirip seperti ini di tepi jalan, lantas kita menyebutnya bunga Dandelion hanya karena benihnya berterbangan setelah kita tiup. Belum tentu itu benar, pastikan dulu batangnya bercabang atau tidak. Jika tidak, itulah bunga Dandelion…..
 
 




source : blog nira

Komentar

Postingan Populer